Air Terjun Tegenungan Ubud Bali

Wisata Air Terjun Tegenungan

Jangan Lewatkan Lokasi Wisata Air Terjun Tegenungan Saat ke Bali!

Wisata Air Terjun Tegenungan mampu memberikan pengalaman yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Bali. Lokasi wisata ini memang jarang dibahas dibandingkan banyak lokasi terkenal di Bali lainnya. Walaupun belum terlalu terkenal, tempat wisata alam ini mampu mengikat hati para wisatawan yang berkunjung.

Bagi Anda yang penasaran mengapa lokasi ini menarik dan trending akhir – akhir ini, mari bahas bersama tentangnya dalam artikel berikut ini!

Mengenal Air Terjun Tegenungan

Indahnya air terjun tegenungan di Bali

Lokasi Air Terjun Tegenungan berada di area Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pada area ini memang terkenal akan keindahan dan keasrian alamnya. Jadi tidak aneh jika tempat wisata air terjun ini perlahan mulai disukai wisatawan.

Pada awalnya, hanya para pecinta hiking dan backpacker saja yang sering berkunjung ke sini. Tapi di era teknologi sekarang, informasi lebih beredar cepat. Sejak ditemukan dan di share para pengunjungnya, air terjun ini makin populer. Memang belum menjadi tujuan utama wisata banyak orang, tapi untuk opsi pilihan yang dekat dengan Pasar Seni Sukawati, Air Terjun Tegenungan boleh Anda coba.

Air terjun ini berketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang cukup deras. Susunan bebatuan di sekitar air terjun membuat gerakan airnya terkesan lebih dahsyat. Gemuruh air yang jatuh dari tempat tinggi dan percikan air di sekitarnya, membuat udara di area ini lebih dingin dan sejuk. Karena banyak konten air di udara, Anda bahkan bisa lihat pelangi di sekitar air terjun saat matahari menyinari di sudut yang pas.

Keindahan Air Terjun Tegenungan inilah yang membuat banyak orang penasaran dan ingin berkunjung. Memang medan untuk mendekati lokasi air terjun tidak mudah, tapi hal ini membuat wisatawan lebih tertantang. Menikmati keindahan air terjun setelah melewati rintangan menantang pasti lebih memuaskan.

Daya Tarik Lokasi Wisata Air Terjun Tegenungan

air terjun tegenungan gianyar bali

Jika berbicara soal daya tarik Air Terjun Tegenungan, ada banyak aspek yang tentunya menarik dibahas. Mulai dari pemandangan sekitar, keindahan air terjun sendiri, tantangan menuju lokasi, spot fotografi dan tentunya lokasi main air. Anda tinggal pilih sendiri ingin kegiatan yang mana. Pastinya semua kegiatan tersebut menyenangkan di sini.

Saat menuruni tangga tebing untuk turun mendekati, Anda bisa melihat cahaya matahari masuk ke tebing. Cahaya ini bisa tampil seperti pilar – pilar cahaya saat masih pagi. Pepohonan di sekitar air terjun membuat area terasa sejuk tapi tetap terang dengan pilar cahaya. Kombinasi ini benar – benar eksotik. Banyak yang berkunjung ke sini mengatakan pemandangan mirip hutan dari dunia fantasi.

Bagi Anda pecinta fotografi, Anda pasti sangat suka datang ke sini. Pada lokasi wisata Air Terjun Tegenungan, Anda memiliki tiga spot berbeda untuk mengambil gambar air terjun ini. Pertama adalah di area foto atas sebelum turun tebing. Kedua adalah posisi turun tangga tebing mendekati air terjun dan yang terakhir adalah area bawah air terjun.

Semua sudut ambil foto ini mampu menangkap keindahan Air Terjun Tegenungan yang berbeda. Jika dibawah, Anda merasa seperti di dunia fantasi dengan pilar cahaya dari atas tebing dan deburan air di sekitarnya. Untuk dari atas tebing, Anda bisa melihat kemegahan dan besarnya air terjun ini. Sedangkan pada rute tangga, Anda bisa dapatkan gambar hutan dan rute tebing menantang layaknya area belantara. Jika ambil foto di sini, Anda bisa hasilkan karya yang pastinya menarik.

Informasi Fasilitas dan Akomodasi

wisata air terjun tegenungan ubud bali

Walaupun banyak memiliki daya tarik tersendiri, Anda tentu butuh info fasilitas wisata Air Terjun Tegenungan. Tanpa info fasilitas dan akomodasi, Anda tidak bisa persiapan. Contoh saja, apakah harus bawa makanan sendiri atau di area ada tempat makan enak? Apakah di lokasi ada toilet umum? Pertanyaan ini penting dijawab.

Untuk fasilitas, sudah ada tempat parkir, toko – toko cindera mata, toko snack dan bahkan tempat makan di sekitar air terjun. Anda yang datang membawa kendaraan harus siapkan uang parkir, karena tiket terpisah dari biaya ini. Untuk tiket sendiri, harganya sekitar 15 ribu rupiah per orang untuk masuk lokasi wisata.

Untuk Anda yang mencari akomodasi sekitar tempat wisata, Anda bisa lihat ada pilihan vila di sini. Hotel terdekat tentu ada tapi jumlahnya tidak banyak. Bagi yang tertarik berkunjung dan menginap, opsi sewa vila dan air BNB adalah yang paling pas.

Untuk akomodasi kendaraan, Anda mungkin sedikit sulit untuk datang ke sini. Kendaraan umum tidak banyak yang langsung menuju lokasi dari area wisata Pasar Seni Sukowati. Anda lebih disarankan pakai ojek online ataupun taksi. Memang harganya lebih mahal untuk pilih kendaraan tersebut, tapi jauh lebih cepat sampainya.

Opsi lain adalah mengambil jasa Tour Ubud. Jika menggunakan jasa ini, akomodasi dan biaya penggunaan fasilitas sudah diurus. Jadi Anda cukup ikuti aturan tour dan menikmati air terjun-nya tanpa pusing persiapan lain.

Hal Penting Sebelum Berkunjung ke Air Terjun Tegenungan

Lokasi wisata alam ini memang sudah cukup dikembangkan untuk layani wisatawan, tapi bukan berarti Anda bisa santai. Untuk benar – benar menikmati tempat ini, Anda harus melakukan beberapa persiapan penting.

Pertama adalah tentang alas kaki. Di area tangga turun tebing, tempatnya cukup licin. Jika sampai bawah, Anda akan menapak di atas area berbatu dan berlumut. Karena itu sangat disarankan tidak menggunakan sandal jepit. Utamakan sepatu dengan grip baik.

Persiapan kedua yang tidak kalah penting adalah soal jam kunjung. Jika ingin menikmati keindahan tempat ini secara maksimal, pastikan datang saat pagi hari. Jika Anda pakai layanan tour wisata Air Terjun Tegenungan, mereka akan rekomendasikan jam ideal antara 8 sampai 10 pagi.

Hal ketiga yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan diri untuk cuaca. Banyak orang tidak bisa nikmati air terjun ini karena kondisi hujan. Saat hujan, debit air terjun akan makin banyak, selain itu rute tangga di tebing akan lebih berbahaya. Karena itu, lebih baik datang hanya saat kemarau dan selalu cek perkiraan cuaca sebelum berangkat ke sini.

Hanya dengan persiapan ini, Anda lebih maksimal menikmati wisata di sini. Jangan sampai hanya karena lengah, Anda melewatkan pengalaman menarik datang kunjung Air Terjun Tegenungan yang terkenal indah ini.

Ayo Berkunjung Ke Air Terjun Indah Bali Ini!

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke lokasi wisata ini, sangat disarankan datang dengan jasa Paket Tour Bali. Bila menggunakan jasa tour, Anda tidak perlu repot lagi mengurus transportasi, waktu berkunjung dan aspek wisata lainnya. Bisa wisata tanpa repot tentu lebih menyenangkan.

Jadi pastikan datang ke wisata Air Terjun Tegenungan dengan hubungi layanan jasa tour terbaik. Semakin cepat Anda memesan layanannya, makin cepat juga Anda bisa berkunjung ke sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *