Daftar isi
Home
Wisata Pantai Lovina

Wisata Pantai Lovina

Daftar isi

Ternyata, Selain Keunikan Menonton Lumba-Lumba, Kawasan Wisata Pantai Lovina juga Bersejarah !

Wisata Pantai Lovina dikenal sebagai salah satu objek wisata populer yang ada di Bali Utara. Pantai ini menawarkan beragam keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain yang ada di Bali. Di sana Anda bisa snorkeling dan bertemu lumba-lumba di habitat aslinya. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang ada di dekat sana.

menonton lumba-lumba atau dolphin di pantai lovina

Selain itu, masih banyak hal unik lain yang hanya bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai ini. Apa itu? Agar tidak penasaran, yuk langsung simak informasi tentang Pantai Lovina di bawah ini sampai tuntas!

Lokasi Pantai Lovina

Berjarak 10 km ke arah barat dari kota Singaraja, letak Pantai Lovina tepatnya ada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Lumayan dekat dengan Candi Brahma Vihara yang berlokasi di Banjar, Buleleng. Antara Lovina dan Candi Brahma Vihara, mungkin hanya berjarak lebih kurang 11 km.

Baca juga: Wisata Alam Air Terjun Gitgit Buleleng

Rute

Anda dari pelabuhan Gilimanuk? Pantai Lovina tidak terletak jauh dari sana. Mungkin Anda hanya memerlukan waktu selama lebih kurang 1 jam untuk bisa sampai di lokasi. Tetapi, jika Anda berangkat dari arah Denpasar menggunakan kendaraan pribadi, waktu tempuhnya menjadi dua kali lipat yaitu 2 jam perjalanan.

Untuk bisa sampai di lokasi, Anda akan melewati beberapa tempat wisata yang ada di Singaraja. Apakah bisa menuju ke Lovina menggunakan transportasi umum?Anda bisa berangkat dari Terminal Tegal dengan tujuan akhir Terminal Ubung. Di terminal kedua Anda akan mendapati kendaraan umum yang bisa ditumpangi untuk menuju ke wisata Pantai Lovina.

Sejarah Pantai Lovina

Kenapa namanya Lovina? Sebenarnya Lovina adalah nama sebuah penginapan di Bali yang telah berdiri sejak tahun 1953. Penginapan ini didirikan oleh Anak Agung Panji Tisna, seorang novelis keturunan Bangsawan Bali yang memilih jalan hidup sebagai petani Jeruk di kawasan Pantai Lovina.

Nama Lovina berasal dari kata love yang berarti cinta dan ina yang dalam bahasa Bali berarti Ibu. Gabungan kata tersebut jika dikonotasikan akan menjadi Ibu Pertiwi yang berarti tanah air Indonesia. Atas kesepakatan masyarakat setempat, nama itu akhirnya diabadikan menjadi nama sebuah pantai yang ada di daerah kota Singaraja, yaitu Pantai Lovina.

Daya Tarik

Bicara tentang daya tarik, masing-masing destinasi wisata pasti punya satu atau dua hal yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lain. Begitu pula dengan Pantai Lovina. Walau di Bali banyak tempat wisata berobjek pantai, namun keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata ini tetap tidak ada duanya.

tour lovina

Memangnya apa sih yang menjadikan wisata ini unik dan wajib untuk dikunjungi? Di Bali memang tersedia banyak destinasi wisata pantai, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk snorkeling. Tidak semua pantai di Bali berombak tenang dan menjadi tempat hidup lumba-lumba yang terkenal sebagai mamalia laut yang cerdas. Nah, berikut merupakan daya tarik yang tidak ada duanya:

  1. Menonton Lumba-lumba. Di mana lagi Anda bisa melihat lumba-lumba berlompatan kesana kemari di habitat aslinya kalau tidak di Pantai Lovina? Inilah yang menjadikan Lovina diminati oleh para wisatawan. Di pantai ini, Anda dapat menyaksikan kawanan mamalia laut menari bebas di habitatnya.
  2. Spot sunrise terindah di Bali. Anda bisa menyaksikan sunrise terindah di Bali pada pukul 05.30 s/d 06.00 WITA.
  3. Tempat snorkeling terbaik. Bukan hanya keindahan yang hanya bisa dipandang dari atas laut, ternyata tempat wisata ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang mempesona. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya dan banyak menjual jasa layanan snorkeling di pantai ini.
  4. Memancing ikan. Untuk bisa melakukan aktivitas seru ini, Anda harus terlebih dahulu berlayar ke tengah laut menggunakan perahu yang tersedia di Pantai Lovina, banyak spot mancing yang seru seperti rumpon di tengah laut. Yang terkenal disini spot memancing ikan Tuna Sirip Kuning yang sudah terkenal sensasinya.
  5. Tempat sunbathing ternyaman di Bali. Lain halnya dengan pantai-pantai lain yang selalu penuh dengan pengunjung. Di Lovina Anda bisa berjemur dengan nyaman. Anda bisa menggelar tikar di atas pasir hitam yang nampak eksotis sembari bersantai menikmati keindahan pantai ini.
  6. Menikmati pertunjukan musik di malam hari. Tidak hanya pagi dan sore, saat malam tiba di pinggiran Pantai akan ada pertunjukan musik yang bisa membuat anda lebih merasa nyaman.

Tiket Masuk Pantai Lovina

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk, karena memang tidak ada tiket masuknya. Anda hanya perlu menyiapkan uang sewa perahu untuk menyaksikan lumba-lumba menari atau memancing di tengah laut. Selain itu, mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa alat snorkeling atau menikmati kuliner yang ada di sekitar pantai.

Jam operasionalnya pun juga tidak pakem, artinya Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini kapanpun Anda mau. Namun, jika memang Anda memiliki niatan untuk berjumpa dengan lumba-lumba dan menyaksikan indahnya matahari terbit di Pantai ini, sebaiknya Anda datang sekitar pukul 05.30 WITA.

Agar lebih mudah dan terarah, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jasa agen perjalanan untuk berlibur ke sana. Jika menggunakan jasa tersebut, mungkin Anda tidak perlu repot tawar menawar harga ketika akan menyewa perahu atau perlengkapan snorkeling. Anda bisa santai menikmati liburan dan menyerahkan semua manajemen waktu pun juga kebutuhan healing Anda kepada pihak tour.

Jika ingin menikmati tempat liburan lain Anda juga bisa mengambil paket tour Bali yang disediakan oleh Agen. Dengan paket tersebut, liburan Anda akan jauh lebih berkesan. Biaya yang dikeluarkan pun bisa jauh lebih hemat dan liburan Anda juga akan lebih terorganisir.

Wisata Dekat Pantai Lovina

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai, ketika sedang berada di Buleleng Anda bisa sekaligus berkunjung ke tempat wisata lain. Terdapat pemandian Air Panas Banjar dan wisata sejarah candi Brahmavihara. Dua tempat wisata tersebut hanya berjarak belasan km dari Pantai Lovina. Berikut informasi selengkapnya:

1.Pemandian Air Panas Banjar

air panas banjar di singaraja

Di pemandian ini terdapat dua kolam utama yang masing-masing berukuran 12 x 1,5 m dan 12 x 10 meter. Kedua kolam tersebut memiliki kedalaman 1 meter dan dilengkapi dengan pancuran air panas. Selain itu, di pemandian ini juga ada kolam khusus yang biasa digunakan untuk memijat punggung. Kolam tersebut dalamnya hanya mencapai pinggang orang dewasa.

Baca juga: Pemandian Air Panas Banjar Singaraja

2. Wisata Sejarah Candi Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama Singaraja Bali

Candi Brahmavihara hanya berjarak lebih kurang 11 km dari kawasan wisata Pantai Lovina, lokasi tepatnya ada di Banjar, Buleleng. Candi ini merupakan tempat peribadatan umat Budha terbesar di Bali yang juga dikenal dengan nama Wihara Buddha Banjar. Candi bersejarah ini dibagi menjadi 5 area yang masing-masing diberi nama Uposathagara, Stupa, Dhammasala, Kuti, dan Pohon Bodhi,

Demikian informasi tentang Wisata Pantai Lovina yang ada di Singaraja, Bali Utara. Segera rencanakan liburan Anda dan hubungi agen perjalanan Tour Lovina untuk mempermudah perjalanan wisata Anda. Jangan lupa siapkan bekal dan keperluan untuk mencoba beragam hal menarik di Pantai Buleleng Bali ini.

Pilihan paket tour kami

Bali Tour

Our Bali tour packages are designed to simplify your vacation planning with flexible scheduling for exploring the best of Bali's attractions.

Nusa Penida Tour

We offer a comprehensive range of Nusa Penida packages with affordable prices. Join with Wisata Bali Penida.

Activity Package

The activities on offer at Wisata Bali Penida are the perfect addition to your Bali holiday experience.

Have lots of questions?
We are always on hand to help!